Senin, 08 April 2013

Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

Kondisi ibu saat hamil sangatlah riskan. Sang ibu harus pandai-pandai dalam memilih makanan yang akan dimakan, dan jika salah bisa berakibat buruk pada janin. Ibu hamil dianjurkan untuk sering mengkonsumsi nutrisi yang cukup bagi ibu maupun janin. Setiap harinya ibu hamil membutuhkan 300 kalori ekstra dibanding dengan ibu yang sedang tidak hamil. Untuk itu disarankan tidak terlalu mengutamakan kuantitas makanan, melainkan mengutamakan kandungan nutrisi dari makanan tersebut.

Selain itu penting untuk melakukan diet sehat selama masa kehamilan. Ini karena sumber nutrisi utama yang dikonsumsi janin 100% berasal dari makanan yang dimakan ibunya. Asupan nutrisi yang harus dipenuhi antara lain makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral yang berpengaruh besar pada pertumbuhan bayi. Berikut ini adalah 6 nutrisi penting untuk ibu hamil.

1. Vitamin C

Vitamin C yang cukup bermanfaat mendapatkan berat ideal saat kelahiran dan menurunkan resiko bayi lahir prematur. Vitamin C harus selalu dikonsumsi setiap hari dan vitamin ini tidak bisa disimpan. Vitamin C banyak terkandung di sebagian besar besar buah-buahan dan sayuran segar.

2. Asam folat dan zat besi

Ibu hamil perlu menambah asupan asam folat dan zat besi. Disarankan mengkonsumsi 400 mg asam folat setiap hari selama minimal sebulan sebelum hamil dan 3 bulan selama masa kehamilan untuk membantu untuk mencegah kecacatan tabung syaraf. Kecacatan tabung syaraf dapat berakibat buruk pada tulang belakang dan tengkoraknya janin. Asam folat banyak terkandung dalam sayuran hijau dan kacang-kacangan. Sedangkan zat besi banyak terkandung di daging sapi dan bayam. Zat besi ini bermanfaat menghasilkan cadangan darah.

3. Kalsium

Asupan kalsium disarankan untuk ibu hamil karena cukup berpengaruh bagi pertumbuhan gigi janin dan juga pertumbuhan gigi sang ibu. Asupan kalsium yang cukup dapat mengurangi resiko pre eklamsia, yaitu penyakit yang menyebabkan komplikasi serius saat masa kehamilan. Selain itu kalsium juga dibutuhkan untuk mempertahankan kepadatan tulang serta mencegah osteoporosis.

Ibu hamil membutuhkan minimal 1500 mg kalsium setiap harinya. Makanan yang kaya akan kalsium seperti tahu, sayuran berdaun hijau dan salmon kalengan dapat menjadi solusi untuk mencukupi kebutuhan kalsium setiap hari. Selain itu baik juga untuk mengkonsumsi produk olahan susu dan kacang almond.

4. Vitamin E

Ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin E sebanyak 15 mg setiap hari untuk membantu tubuh membentuk dan menggunakan sel darah merah dan juga otot. Vitamin E banyak terdapat di gandum, kacang-kacangan, minyak sayur, bayam dan juga sereal.

5. Vitamin B1

Ibu hamil memerlukan asupan vitamin B1 setidaknya 1,4 mg setiap hari. Ini penting untuk meningkatkan energi dan juga mengatur sistem saraf. Vitamin ini banyak terdapat di gandum utuh, telur, nasi, dan sereal.

6. Vitamin B2

Minimal 1,4 mg vitamin B2 diperlukan ibu hamil perhari untuk menjaga energinya, menjaga kesehatan kulit dan mata. Untuk memperoleh asupan vitamin B2 bisa didapatkan di daging-dagingan, produk olahan susu, telur dan ikan.

Selain itu masih banyak asupan penting bagi ibu hamil seperti vitamin A, vit B3, dan vit B6.
--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar