Rabu, 24 April 2013

Makanan yang Menyebabkan Gemuk

Makanan merupakan faktor utama berat badan tubuh seseorang. Makanan dapat membentuk tubuh yang ideal, juga dapat menyebabkan kegemukan pada seseorang. Untuk itu kita juga harus pandai memilih makanan yang ingin dimakan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Lalu apa saja makanan yang paling sering menyebabkan kegemukan?
 




Menurut dr Pauline Endang, SpGK dari FKUI, makanan yang paling banyak bikin gemuk adalah makanan yang mengandung gula murni dan tepung. Memang tidak semua orang suka makan nasi, tetapi hampir setiap orang suka ngemil. Makanan cemilan inilah yang paling banyak menyebabkan kegemukan. Rata-rata makanan cemilan banyak mengandung gula dan tepung. Apalagi ditambah dengan telur, mentega, dan perasa yang meganndung kalori yang sangat tinggi.

Makanan yang dimakan apabila melebihi porsi yang dibutuhkan tubuh, maka akan dikonversi dan menyebabkan penumpukan di sel lemak. Apabila tidak dihentikan, akan timbul berbagai penyakit yang menyebabkan berat badan yang berlebih. Namun bukan berarti dengan olahraga yang rutin dapat membuat seseorang makan sesukanya. Intinya harus seimbang antara aktifitas dan nutrisi.

Di bawah ini adalah beberapa makanan yang sering menyebabkan kegemukan.

  1. Fast food, minim nutrisi namun mengandung lemak yang tinggi
  2. Sereal manis, mengandung kalori dan gula yang tinggi
  3. Kue kering/basah, mengandung gula yang tinggi dan lemak
  4. Minuman manis, mengandung gula dan kalori
  5. Minuman soda, menyebabkan penumpukan lemak visceral di dalam perut
  6. Kerupuk, mengandung lemak dan karbohidrat yang tinggi
  7. Martabak, mengandung gula dan lemak yang tinggi
  8. Daging yang mengandung gajih
  9. Gorengan, mengandung banyak lemak dan kolestrol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar